Sukses

4 Cara Mudah Cegah Pikun

Pikun bukanlah penyakit tua. Siapapun bisa terkena pikun. Namun tak banyak yang tahu bila pikun itu kemungkinan tanda demensia

Liputan6.com, Jakarta Pikun bukanlah penyakit tua. Siapapun bisa terkena pikun. Namun tak banyak yang tahu bila pikun itu kemungkinan tanda demensia atau Alzheimer. Menyeramkan bukan?

Untuk mencegah pikun ini, tidak perlu melakukan usaha yang keras kok. Coba saja tips cegah pikun, seperti dikutip Prevention, Jumat (10/4/2015) ini:

1. Olahraga 3 jam seminggu

Olahraga bisa melatih kemampuan otak? iya. Tidak percaya, sebuah penelitian di Amerika melaporkan, olahraga dapat meningkatkan kadar neurotropik. Olahraga bahkan dikatakan sebagai vitamin neurotropik yang dapat memperbaiki dan melancarkan fungsi saraf.

2. Meditasi 10 menit sehari

Cukup duduk tegak, tutup mata Anda, dan tarik napas perlahan sampai hitungan 5 dan buang napas sampai hitungan 5. Lakukan ini selama 5 menit. Praktek ini bisa Anda lakukan dua kali sehari atau ketika sedang stres bisa dilakukan setiap hari.

3. Konsumsi 1.500 mg omega-3 setiap hari

DHA dan EPA (ditemukan dalam ikan berlemak) dapat membantu membuat otak Anda berfungsi dengan baik.

4. Hafalkan sesuatu setiap hari

Ahli saraf dari University of California, Gary Small merekomendasikan menghafal kata untuk melatih otak. "Kapanpun Anda bisa, belajar keterampilan baru atau bahasa akan memperlambat menurunnya ingatan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.