Sukses

Awas, Orang Pendek Berisiko Kena Penyakit Jantung

Berdasarkan studi terbaru, semakin pendek seseorang risiko untuk terkena penyakit jantung semakin meningkat.

Liputan6.com, London - Berapa tinggi badan Anda? Semakin pendek seseorang risiko untuk terkena penyakit jantung semakin meningkat.

Hal ini terungkap lewat sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine yang melibatkan 200.000 pria dan wanita. Peneliti mengungkapkan bahwa setiap perubahan 6,5 cm meningkatkan risiko terkena jantung koroner 13,5 persen. Misalnya, seseorang yang memiliki tinggi 150 cm memiliki risiko terkana penyakit jantung 32 persen lebih tinggi dibandingkan 156 cm.

"Selama lebih dari 60 tahun penelitian telah menunjukkan kaitan antara tinggi badan dan risiko penyakit jantung," terang British Heart Foundation Professor of Cardiology dari University of Leicester yang juga pemimpin penelitian ini, Prof. Sir Nilesh Samani dikutip laman Daily Mail, Jumat (10/4/2015).

Meski menyatakan bahwa ada hubungan dua hal tersebut, tapi tidak diketahui faktor manakah yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung dan tinggi badan. Karena tinggi badan seseorang ditentukan oleh banyak faktor seperti sosial ekonomi dan asupan gizi selama masa kanak-kanak.

Prof Samani pun menjelaskan bahwa akan ada eksplorasi lebih lanjut akan penelitian ini untuk menyarankan cara-cara terbaru mengurangi risiko penyakit ini. Salah satu diantaranya adalah berhenti merokok. Kebiasaan menghisap tembakau ini rentan terkena penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini