Sukses

5 Masalah Karyawan yang Tempat Tinggalnya Jauh dari Kantor

Lelah sudah pasti, namun dampak pada kesehatan fisik dan mental bisa terjadi bila terlalu lama dalam mobil, kereta, motor, bus.

Liputan6.com, New York- Jarak yang jauh ditambah padatnya lalu lintas membuat komuter mau tak mau menghabiskan waktu berjam-jam di jalanan. Lelah itu pasti, dan dampak pada kesehatan fisik dan mental lanjutan pun makin menjadi bila terlalu lama dalam mobil, kereta, motor, bus.

Berikut lima daftar masalah yang berdampak kepada mereka yang setiap hari harus berjibaku berjam-jam di jalanan seperti dilansir Time, Rabu (8/4/2015).

1. Berat badan bertambah
Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh American Journal of Preventative Medicine menemukan bahwa warga Texas yang terlalu lama berada di jalanan kemungkinan risiko mengalami kelebihan berat badan semakin besar. Hal ini disebabkan karena waktu yang terlalu lama di kendaraan membuat tak sempat untuk berolahraga.
Lalu bagaimana caranya agar tubuh tetap aktif meski sebagian besar waktu dihabiskand i jalan? "Jangan terlalu lama duduk saat bekerja, dibanding naik lift lebih baik naik tangga, dan masukan olahraga sebagai aktivitas di kala tak sibuk," terang penulis utam studi Christine Hoehner, PhD.

2. Leher sakit
Sepertiga orang yang berjibaku dengan kemacetan selama lebih dari 90 menit menyatakan bahwa punggung dan lehers sakit menurut poling Gallup tahun 2010.
Hal ini disebabkan karena komuter terlalu lama duduk di dalam kereta seperti dituturkan fisiolog olahraga dari Mirava Resort and Spa di Arizona. Oleh karena itu pastikan Anda duduk dengan benar selama dalam bus, mobil, atau kereta.

3. Berdampak pada suasana hati
Mereka yang menyetir dan menggunakan transportasi publik cenderung kurang mampu menikmati aktivitas sehari-hari dan memiliki lebih banyak kesulitan berkonsentrasi dibandingkan pejalan kaki atau pesepeda seperti yang terungkap dalam studi University of Eas Anglia.

4. Stres
Siapa yang tidak stres bila menghadapi macetnya jalanan setiap hari. Hal yang sama pun terungkap berdasarkan laporan dari UK Office of National Statistics yang melaporkan mereka yang lebih dari 30 menit naik kereta dan bus merasakan kecemasan dan stres dibandingkan mereka yang memiliki jarak tempuh lebih pendek.
Selain itu, aktivitas fisik yang rendah membuat tekanan darah meningkat yang juga berdampak pada stres.

5. Terpapar polusi
Terlalu lama di jalanan membuat para komuter terpapar polusi yang berdampak pada kesehatan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini