Sukses

Pasien BPJS Bakal Bisa Cek Laboratorium di Puskesmas

Kementerian Kesehatan mendorong Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FTKP) seperti Puskesmas menyediakan layanan cek laboratorium.

Liputan6.com, Jakarta Untuk meningkatkan upaya pencegahan penyakit (promotif-preventif), Kementerian Kesehatan mendorong Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FTKP) seperti puskesmas agar menyediakan layanan cek laboratorium.

Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan, Prof.DR.dr. Akmal Taher, Sp.U (K) di sela-sela Talkshow Bincang Senator di Senayan City, Jakarta, program ini sedang disiapkan.

"Tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) dan minta persetujuan Departemen Dalam Negeri (Depdagri) karena menyangkut kinerja Bupati. Nanti, peserta BPJS bisa cek laboratorium gratis. Tapi datangnya bukan ke RS tapi ke Puskesmas," katanya, ditulis Senin (6/4/2015).

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Dr Zaenal Abidin juga mendukung upaya pencegahan penyakit ini jika pemerintah menyediakan segala fasilitas kesehatan di layanan kesehatan primer seperti Puskesmas.

"Upaya peningkatan program promotif preventif bisa dilakukan dengan mencegah penyakit degeneratif dan infeksi di puskesmas. Dari situ, kita bisa memaksimalkan pelayanan kesehatan," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.