Sukses

Penyakit ini yang Bawa Avril Lavigne Sakit 5 Bulan

Penyanyi Avril Lavigne akhirnya buka suara mengenai penyakit yang membuatnya harus rehat selama lima bulan.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Avril Lavigne akhirnya buka suara mengenai penyakit yang membuatnya harus rehat selama lima bulan. Pelantun Hello Kitty ini mengaku, penyakitnya itu berasal dari gigitan kutu yang disebut Lyme.

Penyakit Lyme sendiri merupakan infeksi bakteri yang ditularkan oleh kutu yang disebut Borrelia burgdorferi. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) penyakit ini menyerang 30.000 orang pada 2013. Berikut pembahasan penyakit Lyme, seperti dikutip WebMD, Kamis (2/4/2015)

Gejala

Setelah 1-4 minggu digigit oleh kutu, biasanya seseorang akan menderita ruam yang semakin meluas (eritema migrans). Dalam beberapa kasus, penderita mengalami demam, menggigil, sakit kepala, kelelahan, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri sendi, dan nyeri otot.

Jika penyakit ini tidak terdeteksi dan diobati pada tahap awal, maka ruam dapat meluas dan mempengaruhi sendi, jantung, dan sistem saraf. Selain nyeri dan kelemahan pada lengan atau kaki, kelumpuhan otot wajah (Bell palsy), sakit kepala, dan menurunnya memori bisa terjadi.

Ini adalah tahap yang paling serius dari penyakit, ketika pengobatan tidak berhasil atau tidak dimulai, maka penderitanya akan mengalami peradangan sendi (arthritis), biasanya di lutut dan dapat menjadi kronis. Selain itu sistem saraf akan terganggu dan detak jantung tidak teratur.

Pengobatan

Penyakit Lyme dapat disembuhkan dengan antibiotik. Apabila ditangani secara dini, penyakit ini bisa disembuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini