Sukses

Studi: Parasetamol Tak Efektif untuk Atasi Nyeri Punggung

Para ahli di Australia mengungkapkan bahwa obat ini ternyata tidak memiliki manfaat bagi penderita nyeri punggung maupun osteoarthritis

Liputan6.com, Jakarta Meski parasetamol sering digunakan untuk mengatasi nyeri, sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan Australia mengungkapkan obat ini ternyata tidak bermanfaat bagi penderita nyeri punggung maupun osteoarthritis.

Seperti diberitakan Mirror, Jumat (3/4/2015) penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal mengungkap bagaimana parasetamol sebelumnya digunakan untuk mengatasi nyeri namun para ahli di The George Institute for Global Health di University of Sydney menemukan ternyata parasetamol tidak efektif.

"Perlu ada revisi kebijakan klinis untuk mereka yang menderita nyeri punggung bawah dan osteoarthritis. Parasetamol ternyata tidak efektif dan hanya memberikan manfaat jangka pendek minimal untuk orang-orang dengan osteoarthritis," kata peneliti.

Kendati demikian, Badan Kesehatan (The National Institute for Health and Care Excellence) setempat menyatakan, hingga kajian selesai, parasetamol masih akan digunakan sebagai pilihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini