Sukses

8 Manfaat Lain Teh Celup yang Tak Pernah Terduga

Sebelum Anda membuang teh celup, pikirkan lagi manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Sebelum Anda membuang teh celup, pikirkan lagi manfaatnya. Sebab, seperti dikutip Prevention, Rabu (1/4/2015) ternyata selain untuk diminum, teh celup juga bisa digunakan untuk mengurangi memar. Tak percaya? simak ulasannya sebagai berikut:

1. Mengurangi memar

Untuk meminimalkan memar akibat terbentur, Anda bisa memanfaatkan teh celup. Gunakan teh celup yang basah dan tahan pada daerah yang memar selama 5 menit. Tanin dalam teh akan menyempitkan pembuluh darah sehingga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Gunakan rutin hingga memar lebih kecil dan sembuh.

2. Menenangkan kulit terbakar

Paparan sinar matahari bisa merusak kulit. Walhasil, flek hingga bintik kemerahan di wajah bisa merusak penampilan. Tak perlu khawatir, gunakan teh celup yang telah diseduh dalam air dingin dan tahan di bagian kulit yang terbakar. Polifenol teh dan asam tanat akan meringankan luka bakar dan mempercepat penyembuhan.

3. Membuat panci lebih bersih

Teh celup juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan alat daput yang kotor, lho. Isi panci dengan air panas, kemudian gunakan dua kantong teh hitam, dan diamkan semalam. Air panas dan asam tanat pada teh akan mengangkat partikel makanan yang membandel. Keesokan paginya, Anda akan kaget melihat alat dapur Anda lebih bersih.

4. Kompos

Daripada membuang teh celup bekas ke tempat sampah, manfaatkan beberapa kantung teh hitam bekas ke dalam tumpukan tanah. Teh itu kaya nitrogen yang memasok bakteri yang baik untuk kompos.

5. Mengatasi bibir pecah-pecah kering

Gunakan teh celup yang telah dibasahi di bibir Anda selama 30 detik. Polifenol antioksidan teh akan membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mempercepat regenerasi kulit. Ulangi 3-5 kali seminggu untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

6. Membersihkan cermin

Sebelum membuang teh celup, mungkin lebih berguna Anda gunakan pada cermin. Asam pada teh bisa memecah kotoran pada cermin.

7. Mengatasi karpet lembap dan bau

Apakah karpet Anda bau atau lembap bahkan setelah dibersihkan dengan penyedot debu? Coba manfaatkan teh celup. Buka teh dari kemasan, taburkan teh kering dan diamkan selama 10 menit. Daun teh akan menyerap bau dan kelembapan sehingga ketika Anda vakum, karpet akan lebih bersih.

8. Meringankan gusi berdarah

Mengatasi gusi berdarah juga bisa dilakukan dengan menempatkan teh celup pada bagian luka. Tanin pada teh dapat menghentikan pendarahan cepat. Teh juga akan membentuk lapisan pelindung di atas jaringan sehingga membantu mengurangi infeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini