Sukses

Anak pun Bisa Kena Hipertensi

Hipertensi pada anak-anak sebagian besar merupakan hipertensi sekunder. Apa artinya?

Liputan6.com, Jakarta Tidak cuma orang dewasa yang bisa mengalami tekanan darah yang tinggi atau hipertensi. Penyakit ini pun bisa dialami oleh anak-anak. Namun, hipertensi pada anak-anak sebagian besar merupakan hipertensi sekunder.

"Hipertensi pada anak berbeda dengan orang dewasa. Jika pada anak itu jenis hipertensi sekunder yaitu hipertensi yang muncul akibat penyakit lain," terang kardiolog dari Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Siska Suridanda Danny di Hotel Le Meridien, Jakarta pada Selasa (31//3/2015).

Biasanya hipertensi pada anak terjadi karena gangguan ginjal. "Untuk mengatasi hipertensi ini ya caranya dengan mengatasi gangguan ginjalnya, biasanya yang sering pada anak-anak itu sindrom nefrotik dan feokromositoma (ada tumor di atas ginjal). Itu kalau diobati tekanan darahnya bisa turun," ujar dokter Siska.

"Hipertensi pada kasus ini hanya gejala bukan penyebabnya ya," jelas dokter Siska.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini