Sukses

Manfaat Rajin Nulis Diary, Lepaskan Anda dari Banjir Kesedihan

Liputan6.com, New Delhi- Masyarakat modern mungkin menganggap menulis catatan harian atau diary sebagai kebiasaan kuno. Namun, Anda yang masih rutin melakukannya jangan kecil hati. Dalam banyak penelitian, aktivitas ini menyimpan banyak faedah yang tak terduga, salah satunya memberi Anda semangat optimistis, kegembiraan, dan gairah hidup.

Studi lain juga mengungkapkan, menuliskan kejadian sehari-hari dalam buku khusus akan meringankan serta mengurangi gejala stres dan sekaligus menghindari depresi. Hal ini membuat seseorang bisa bangkit dari peristiwa traumatik seperti dilansir The Times of India, Senin (30/3/2015).

Bahkan pada penderita arthrititis dan asma, menulis catatan harian menurunkan tingkat stres. Para peneliti percaya, ketika Anda menuangkan gelisah, galau, masalah dan kekacauan pikiran pada secarik kertas menjadikan Anda menjaga jarak dengan perasaan itu dan membuat Anda makin rasional dalam berpikir dan menyelesaikan masalah. Efeknya, Anda tak bakal tenggelam dalam banjir kesedihan yang bisa terjadi.

Jika tak sanggup merangkai tulisan setiap hari, Anda melakukannya tiap minggu. Pastikan Anda rileks saat menuliskannya agar mendapatkan untung yang optimal dan berlipat dari aktivitas ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.