Sukses

3 Tanda Menstruasi Tidak Normal

Kenali tiga tanda menstruasi yang tidak normal.

Liputan6.com, New York- Menstruasi merupakan hal yang akrab terjadi dalam kehidupan perempuan. Ada yang menjalani menstruasi dengan santai alias baik-baik, tapi tidak sedikit yang mengeluhkan rasa yang tidak menyenangkan saat menstruasi.

Namun, perlu diketahui ada beberapa hal yang menjadi tanda bahwa menstruasi Anda tidak normal. Dilansir dari Good Housekeeping, Sabtu (28/3/2015) berikut tiga tandanya.

1. Pendarahan Berlebih
Mengganti pembalut setiap tiga jam sekali itu normal. Namun, yang tidak normal ketika harus mengganti pembalut dengan sangat cepat seperti satu jam sekali karena derasnya darah menstruasi. Sesekali mendapatkan gumpalan dalam cairan menstruasi itu normal, namun ketika menemukann gumpalan dalam jumlah banyak dan ukurannya besar ada baiknya mengunjungi dokter kebidanan dan kandungan.

Pendarahan hebat bisa menyebabkan tubuh kekurangan darah dan membuat Anda lelah.

2. Tak kunjung dapatkan menstruasi
Beberapa hal dapat memengaruhi siklus menstruasi seperti stres, olahraga berlebih, kenaikan atau penurunan berat badan. Itu semua bisa membuat menstruasi datang jadi terlambat.
Yang jadi masalah ketika dalam waktu panjang hingga berbulan-bulan tidak mendapatkan menstruasi. Hal ini bisa jadi tanda sindrom ovarium polikistik atau gangguan keseimbangan hormon yang membuat berat badan bertambah dan tumbuh rambut berlebih.

3. Kram ekstrim
Mendapati perut kram saat datang bulan adalah hal yang biasa dialami banyak perempuan. Namun, ketika rasa sakit kram begitu menyakitkan hingga mengganggu aktivitas Anda setiap bulan segera periksakan ke dokter kandungan karena kemungkinan tanda endometriosis, yakni tumbuhnya selaput lendir rahim (endometrium) di luar rongga rahim.

 

 

 Baca Juga:

Kiat Bebas Nyeri Kala Menstruasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini