Sukses

Panduan Makan Buah yang Benar, Simak 4 Hal Ini

Masih ada beberapa mitos tentang buah, misalnya apakah buah baiknya dikonsumsi pagi atau malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Makan buah sebelum atau sesudah makan nasi? oke, sejumlah orang mungkin telah paham kalau mengonsumsi baiknya sebelum makan nasi untuk menghindari pembusukan makanan saat dicerna di usus. Tapi selain itu, masih ada beberapa mitos tentang buah, misalnya apakah buah baiknya dikonsumsi pagi atau malam hari.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui prosedur makan buah-buahan yang benar sehingga makanan ini memberikan manfaat kesehatan maksimal. Simak ulasannya, seperti dikutip Boldsky, Jumat (273/2015) berikut ini:

1. Buah harus dimakan dalam perut kosong

Pada dasarnya, ketika Anda makan buah-buahan, tubuh menciptakan enzim untuk mencerna nutrisi. Sekarang, jika Anda makan dalam kondisi perut kosong, maka tubuh Anda membutuhkan sedikit waktu untuk mencernanya dan nutrisi dapat diserap dengan mudah. 

2. Jangan makan buah setelah makan nasi

Jika Anda ingin mengonsumsi buah setelah makan, jaga jarak waktu 2-3 jam. Mengonsumsi makan besar membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Sehingga buah yang mengantri di usus dikhawatirkan akan membusuk dan kehilangan nutrisinya.

3. Kapan waktu yang tepat mengonsumsi buah?

Ahli gizi menyarankan, waktu yang paling tepat mengonsumsi buah adalah pagi hari ketika perut masih kosong. Selain itu, jeda waktu makan antara makan siang dan malam juga disarankan mengonsumsi buah.

4. Smoothies mungkin bisa menjadi alternatif bagi si buah hati yang tidak suka buah

Ada beberapa anak yang sulit mengonsumsi buah. Daripada bingung, coba olah buah menjadi smoothies yang berwarna-warni dan lezat. Berikan edukasi pada mereka jika manfaat buah-buahan tidak terbatas. Selain memberikan energi ekstra, buah juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini