Sukses

Kunyah Buah Pinang Bikin Ribuan Nyawa Melayang di Taiwan

Siapa sangka, buah yang menyerupai kacang ini ternyata menelan ribuan nyawa di Taiwan.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengetahui buah pinang? di Indonesia, buah ini dipercaya dapat meningkatkan stamina pria. Namun siapa sangka, buah yang menyerupai kacang ini ternyata bisa menelan ribuan nyawa di Taiwan.

Seperti diberitakan BBC, Kamis (27/3/2015) orang Taiwan memiliki kebiasaan mengunyah buah pinang. Seperti permen karet, buah pinang yang dikunyah selama berjam-jam bukan hanya populer di kalangan wanita dan anak melainkan juga para pria usia produktif.

"Pemerintah telah mengambil tindakan untuk mengekang kebiasaan mengunyah pinang yang telah ada selama berabad-abad di Taiwan. Akibatnya, ribuan nyawa hilang setiap tahun karena kanker mulut," tulis media setempat.

Mirisnya, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker, buah yang memiliki banyak nama di Indonesia ini bukan hanya mengakibatkan lecet mulut tapi juga berisiko menjadi penyebab kanker.

"Sekitar setengah rang-orang di sini masih tidak tahu bahwa buah pinang dapat menyebabkan kanker mulut. Hal ini membuat angka kejadian atau kematian akibat kanker mulut tinggi. Taiwan sendiri menempati peringkat dua atau tiga dengan penderita kanker mulut terbanyak di dunia," kata Prof Hahn Liang-Jiunn, spesialis kanker mulut di Rumah Sakit Universitas Nasional Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini