Sukses

Saat Anak Demam, Lakukan 4 Hal Ini

Hal pertama pastikan suhu tubuhnya berapa.

Liputan6.com, New York- Kala suhu tubuh anak meningkat, banyak orangtua yang panik saat anak demam. Bahkan menurut laman IDAI, demam pada anak merupakan alasan konsultasi tersering baik pada dokter anak maupun dokter umum.

Menurut dr. Manny Alvarez dari Hackensack University Medical Center, kala suhu tubuh anak di atas 38 derajat Celcius, sudah saatnya segera membawa anak-anak ke dokter. Namun bila tidak demam tinggi Anda bisa merawatnya di rumah. Dilansir dari laman Fox News, Jumat (26/3/2015) ini yang dapat dilakukan kala anak demam.

1. Pastikan tahu suhu tubuhnya
Memegang dahi atau leher untuk mengecek suhu tubuh anak biasa dilakukan. Tapi alat pengecek suhu tubuh kini sudah banyak, apalagi kini ada teknologi digital yang bisa memastikan secara akurat berapa suhu tubuhnya.

2. Pastikan anak sering minum
Ketika suhu tubuh tinggi mereka biasanya mengalami dehidrasi. Pada anak-anak dehidrasi dapat berkembang sangat cepat. Bagi anak yang masih minum ASI, pastikan sering mengonsumsinya. Monitor kecukupan cairan tubuh dengan memastikan ia sering buang air kecil.

3. Kenakan pakaian nyaman
Memastikan bayi mengenakan pakaian nyaman. Jangan tutupi tubuhnya dengan pakaian tebal maupun selimut. Pastikan juga suhu kamar normal, tidak panas maupun terlalu dingin.

4. Pergi ke dokter
Jika suhu tubuhnya meningkat hingga 38 derajat Celcius segera bawa ke dokter. Pastikan dokter memberikan obat tepat seperti Acetaminophen atau ibuprofen dapat membantu menurunkan suhu tinggi.

 

Baca Juga:

Rahasia Demam Pada Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini