Sukses

Studi: Kebahagiaan Tidak Ditentukan Oleh Tingkat Pendidikan

Tinggi rendahnya tingkat pendidikan tak memiliki pengaruh kuat terhadap kebahagiaan.

Liputan6.com, New York- Pernahkan Anda bertanya-tanya seperti ini 'apakah orang yang hanya sekolah sampai SMA itu bahagia atau tidak ya?'. Sebuah hasil penelitian terbaru yang diterbitkan dalam British Journal of Pscyhiatry sampaikan bahwa apapun tingkat pendidikan Anda, hal ini ternyata tidak memengaruhi tingkat kebahagiaan.

Penelitian ini sebenarnya berasal dari keingintahuan peneliti dari University of Warwick Medical School tentang adakah keterkaitan yang kuat antara kebahagiaan dengan orang yang tidak mendapatkan pendidikan yang tidak baik.

Kebahagiaan yang dimaksud dalam peneliti ini adalah keadaan dimana seseorang merasa dan berfungsi baik.

Ternyata, tim peneliti mendapatkan fakta bahwa kebahagiaan bisa terjadi dalam seluruh tingkat pendidikan. "Temuan ini cukup kontroversial karena kami mengharapkan faktor sosial dan ekonomi seperti tingkat pendidikan terkait dengan kebahagiaan jiwa, tapi ternyata itu tidak terjadi," terang Sarah Stewart-Brown seperti dilansir laman Time, Kamis (26/3/2015).

Data ini dapatkan dari Health Survey for England terhadap 17.030 orang di 2010 dan 211.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini