Sukses

Ilmuwan Temukan Khasiat Buah Pir untuk Lindungi Pencernaan

Temuan baru, buah pir bisa melindungi usus dari infeksi bakteri

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini para peneliti di North Dakota State University, Amerika Serikat menemukan senyawa yang terkandung dalam dua varietas buah pir, jenis Barlett dan Starkimson mampu melindungi pencernaan dari infeksi bakteri.

Selama ini, bakteri dianggap sebagai penyebab penyakit. Penelitian Kalidas Shetty justu mengingatkan, aktivitas bakteri probiotik di pencernaan justru mendukung kesehatan usus secara menyeluruh.

Kedua jenis buah pir tersebut diketahui memiliki dua senyawa penting, fenolat dan antioksidan, serta sejumlah kegiatan yang dapat memperlambat enzim yang berkaitan dengan pati dan metabolisme glukosa.

Dikutip dari Zee News, Rabu (25/3/2015) pir dikenal sebagai sumber serat dan vitamin C. Konsumsi pir bisa jadi langkah sederhana untuk mengatasi dan mencegah masalah pencernaan.

Menurut para peneliti, 24 persen kebutuhan serat harian terpenuhi dalam satu buah yang mengandung 190 miligram kalium, serta tidak mengandung natrium, kolesterol, dan lemak jahat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.