Sukses

Meski Kaya, Anak di India Lebih Pendek Dibanding Afrika

Kesehatan ibu muda di India lebih buruk dibandingkan yang diperkirakan.

Liputan6.com, New York- Para peneliti kerap bingung mengapa banyak anak di India, meskipun kaya, lebih pendek dan kecil dibandingkan anak-anak di Sahara-Afrika. Ternyata, lekatnya budaya patriarki pada masyarakat India menempatkan perempuan muda di India pasa kasta terendah seperti dipublikasikan dalam Proceedings of The National Academy of Sciences (PNAS).
 
Menurut ekonom asal New Delhi, Dianey Coffey, kesehatan ibu muda di India lebih buruk dibandingkan yang diperkirakan. Sekitar 42,2 persen wanita muda di India memiliki berat badan di bawah normal.
 
"Di India, ibu muda yang baru menikah merupakan kelompok orang yang paling rendah tingkatnya, termasuk lebih rendah dibandingkan perempuan tua," terang perempuan mahasiswa dokteral Princeton ini seperti dilansir Fox News, Rabu (25/3/2015).
 
Apalagi banyak wanita muda yang sedang hamil di India masih diminta untuk memasak bagi seluruh anggota keluarga, dan mereka hanya dapat sisanya.
 
"Saat perempuan muda di India hamil mereka sebenarnya menginginkan kehidupan tenang. Sayang, kenyataan itu jauh dari harapan karena mereka tetap diminta untuk bekerja keras tapi makan sedikit," terang Coffey.
 
Hal ini membuat berat badan rata-rata wanita muda hamil di India sangat rendah, bahkan lebih rendah dibandingkan masyarakat Sahara-Afrika. 
 
Ketika bayi lahir dari ibu yang memiliki berat badan kurang, kemungkinan meninggal di bulan pertama kehidupannya sangat besar. Kalaupun hidup, kebutuhan gizi yang tidak terpenuhi dengan baik bisa menghambat pertumbuhan fisik dan kognitif di kemudian hari.
 
 
Baca Juga:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.