Sukses

Stroke Intai Anak yang Miliki Orangtua Perokok

Paparan asap rokok dari orangtua sebabkan tingginya risiko anak terkena stroke di masa depan.

Liputan6.com, New York Bagi Anda orangtua yang memiliki kebiasaan merokok, hati-hati anak Anda bisa yang jadi korbannya. Sebuah studi yang diterbitan dalam jurnal Circulation sebutkan bahwa anak yang memiliki orangtua perokok berisiko terkena stroke di masa dewasanya.

Temuan ini didapatkan berdasarkan analisis data kesehatan anak-anak Finlandia antara tahun 1980 - 1983 kemudian dibandingkan dengan kondisi kesehatan saat dewasa pada tahun 2001-2007. Setelah melakukan anlalisis, ditemukan bahwa partisipan yang memiliki satu atau dua dari orangtua yang merokok memiliki dua kali lipat risiko terkena plak karotis dibandingan mereka yang memiliki orangtua tidak merokok.

Penumpukan plak karotis dapat menyebabkan penyempitan arteri. Ini artinya potensi untuk mendapatakan penyakit stroke pun semakin besar.

Oleh karena itu, penulis studi dari University of Tasmania, Australia, Costan Magnuessen mengingatkan kepada para orangtua untuk menjauhkan diri saat merokok dari anak-anak, baik di rumah maupun dalam mobil.

"Tidak merokok sama sekali merupakan pilihan paling aman," terang Magnussen seperti dilansir Good Housekeeping, Rabu (25/3/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini