Sukses

3 Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Ada sejumlah faktor penyebab bau mulut tak sedap. Berikut daftarnya;

Liputan6.com, Jakarta - Bau mulut tak sedap dapat terjadi bila Anda salah dalam memasukan makanan ke dalam mulut atau mungkin karena Anda belum menyikat gigi dengan benar. Namun terkadang, bau mulut pun dijadikan pertanda adanya masalah kesehatan yang cukup serius.

Dokter Gigi khusus bakteriologi asal London, Dr Harold Katz, menjelaskan bahwa hampir semua bau mulut disebabkan bakteri anaerob yang hidup di bagian belakang lidah, tenggorokan, dan amandel yang memecah protein dalam makanan.

Baca juga : 6 Bahan Alami Pengusir Bau Mulut Tak Sedap

"Apalagi ketika seseorang dengan kondisi yang sedang tidak sehat, bisa sulit bagi bakteri ini untuk memecah protein ini sebagaimana mestinya, sehingga meninggalkan bau zat kimia tertentu di bagian belakang," kata Haroldz dikutip Mirror pada Selasa (24/3/2015)

Tapi, masih ada sejumlah kondisi lainnya yang membuat Anda akan mengalami bau mulut yang tak sedap;

1. Diabetes

Salah satu tanda bahwa Anda terdiagnosa mengidap diabetes tipe 1 adalah bau samar yang keluar dari mulut atau hidung Anda. Menurut Haroldz, kurangnya insulin berarti tubuh tidak dapat menggunakan gula untuk energi dan memecah lemak sebagai gantinya.

2. Masalah sinus

Pasien dengan sinus pun dapat menghasilkan bau yang tak sedap, karena lendir akan terbentuk ketika hidung pasien tersumbat dan tenggorokan sesak mengandung protein yang sangat padat.

3. Susu

Ketika Anda menjalani diet protein tanpa memasukkan karbohidrat sedikit pun dapat juga meninggalkan bau mulut yang tak sedap.

Baca juga : Cara Efektif Usir Bau Mulut Saat Diet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini