Sukses

Meningitis Rusak Tubuh si Kecil Nan Cantik Ini

Seorang gadis kecil yang manis terpaksa harus kehilangan kedua kaki dan lengannya karena virus mematikan, meningitis.

Liputan6.com, Jakarta Seorang gadis kecil manis terpaksa kehilangan kedua kaki dan lengannya karena virus mematikan, meningitis. Tak hanya itu, pipi, daun telinga, bibir atas dan ujung jarinya juga rusak pada usia 11 bulan.

Ellie Mae Mellor (9) merupakan anak seorang dosen di Inggris. Dia dan orangtuanya kini tengah berjuang untuk kampanye pentingnya vaksin meningitis.

"Jika vaksin telah ada mungkin nasib anak saya tidak begitu," kata ibunya, seperti dikutip Mirror, Selasa (24/3/2015).

Menurut ibunya, Eliie menderita septikemia meningokokus, suatu bentuk penyakit yang diakibatkan oleh keracunan darah karena meningitis. Kulit tubuhnya kerap ruam hingga membiru. Hal ini membuat dokter mengambil keputusan tersulit, mengamputasi kedua kakinya. Eliie sendiri telah melakukan 76 operasi dan sekarang menggunakan kursi roda.

Sebelumnya, penyebaran virus meningitis diakui ahli kesehatan di Indonesia terus meningkat di berbagai belahan dunia, khususnya di Afrika dan Arab. Alasan itu yang membuat Ahli Vaksin dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM, Dr.dr. Iris Rengganis, Sp.PD., KAI, FINASIM menyarankan sebelum bepergian ke luar negeri, orang Indonesia wajib vaksin meningitis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Meningitis berasal dari kata meninges yang berarti selaput otak dan –itis yang berarti peradangan.

    Meningitis