Sukses

Omega-3 si Antiradang Pencegah Kanker Prostat

Liputan6.com, Amerika Serikat Para ilmuwan Amerika Serikat menemukan, konsumsi asam lemak omega-3 ikan atau minyak ikan mencegah munculnya kanker prostat pada pria meski penelitian sebelumnya di tahun 2013 pernah menyebutkan omega-3 meningkatkan risiko penyakit ini.

Penelitian terbaru malah menyebutkan, omega-3 memiliki efek antiradang dan antidiabetes serta bekerja maksimal melawan sel kanker.

"Penelitian terbaru ini membuktikan, omega-3 dapat digunakan sebagai obat antikanker yang efektif," kata Professor of Pharmacy di Washington State University, Amerika Serikat Kathryn Meier.

Meski penelitian awal ini masih fokus pada inflamasi dan diabetes, tapi tetap akan mengarah pada penyakit kanker. "Kami adalah tim pertama yang berhasil menunjukkan mekanisme proses perlawanan ini dalam setiap sel kanker," kata dia menambahkan.

Dikutip dari situs Daily Mail Selasa (24/3/2015), Kathryn menyebutkan, penelitian ini belum membuktikan dengan spesifik apakah manfaat asam lemak omega-3 ini dari ikan atau minyak ikan? Atau dari biji-bijian serta kacang-kacangan yang juga tinggi kandungan asam lemak omega-3nya.