Sukses

Manfaat Punya Teman yang Baik

Siapa yang tidak senang memiliki teman yang bisa diandalkan. Selain bisa membantu dalam segala kesulitan, teman membuat usia lebih panjang

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak senang memiliki teman yang bisa diandalkan. Selain bisa membantu dalam segala kesulitan, teman membuat usia lebih panjang seperti terungkap dalam penelitian Perspektif Psychological Science.

Tak memiliki teman atau kondisi kesepian ancamannya bisa setara dengan obesitas, terutama bagi yang berusia 65 tahun. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan, kesepian sama bahayanya dengan merokok 15 batang rokok setiap hari.

"Efek kesepian sebanding dengan obesitas. Ini hal yang sangat serius," terang penulis utama studi sekaligus profesor psikologi di Brigham Young University, Julianne Holt-Lunstad, Ph.D.

Karena itu para psikolog menekankan pentingnya memiliki teman. Bahkan penulis buku 'Love Your Body', Talia Fuhram menyebutkan, memiliki teman yang baik jauh lebih bermanfaat dibandingkan menyimpan dan mengoleksi barang kesayangan. Mengapa begitu? "Teman memberikan perspektif baru dalam hidup, setia menemani dan mendukung di kala sulit hingga menemani saat momen-momen menyenangkan seperti olahraga," terang Fuhram.

Paling tidak ada tiga manfaat berteman menurut Fuhram seperti dikutip dari Men's Health, Senin (23/3/2015).

1. Belajar menyadari bahasa tubuh
"Ekspresi non-verbal adalah kunci untuk membuat orang lain nyaman di dekat Anda dan sebagai tanda Anda terbuka padanya," ungkapp Fuhram.

2. Jauhkan dari media sosial
Kala bertemu teman dan terlibat dalam perbincangan mendalam maupun penuh gelak tawa membuat Anda menjauhkan sejenak dari perangkat teknologi termasuk media sosial di dalamnya.
"Mendengarkan setiap ucapan teman lebih punya kedekatan dibandingkan hanya membaca pesan dari ponsel," ungkap Fuhram.

3. Belajar berpendapat
Kompak dengan teman berarti tidak selalu sependapat dalam segalanya. "Anda terbuka terhadap apa saja dan bijak saat membicarakan apapun," ujarnya. Faktanya, hubungan pertemanan yang di dalamnya penuh dengan debat terbuka dengan saling menghargai lebih membuat kuat hubungan dibandingkan mereka yang mengobrol biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini