Sukses

4 Hal Perlu Ketahui Tentang Down Syndrom

Cari tahu tentang down syndrome lebih mendalam.

Liputan6.com, New York- Down syndrome merupakan kelainan genetik akibat kelebihan kromosom dalam tubuh manusia. Stigma negatif terhadap orang dengan down syndrome membuat PBB menjadikan tanggal 21 Maret sebagai World Down Syndrome Day untuk meningkatkan kesadaran masyarakat luas akan down syndrome.

Namun, sudah tahukah Anda apa itu down syndrome? Dilansir dari laman Time, Minggu (22/3/2015) ini fakta-fakta yang perlu Anda ketahui akan down syndrome.

1. Down syndrome disebabkan karena kromosom nomo 21 berlebih satu menjadi tiga yang seharusnya sepasang. Sehingga total menjadi 47 buah kromosom dan biasa disebut Trisomi 21. Pada manusia normal umumnya memiliki 23 pasang kromosom dengan jumlah 46 buah. Usia ibu yang hamil pada usia tua memiliki risiko lebih tinggi miliki bayi down syndrome.
2. Anak dengan down syndrome gejala paling umumnya adalah kognitif terhambat, otot rendah dan bertubuh kecil.
3. Pengidap down syndrome lebih berisiko terkena penyakit jantung, pernapasan dan beberapa kanker.
4. Kabar baik, pengidap down syndrome di masa kini bisa hidup lebih lama. Bila pada tahun 1983 hanya capai usia 25 tahun, kini dapat hidup hingga usia 60 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.