Sukses

Paparan Cahaya Berlebihan di Malam Hari Berisiko Kanker?

Hindari paparan cahaya berlebihan di malam hari, terlebih ketika tidur. Penelitian terbaru menyebut kalau itu memicu terjadinya kanker

Liputan6.com, Jakarta Penyakit serius dan menakutkan seperti kanker payudara, obesitas, diabetes, depresi, dan jenis kanker lainnya dapat dipicu bila kita mendapatkan paparan cahaya berlebihan di malam hari. Terlebih bila kita tidur dalam keadaan terang benderang.

Richard Stevens dari University of Connecticut, Farmington (Uconn) mengatakan bahwa penelitian ini menjadi alanisa baru terhadap apa yang mereka ketahui terhadap efek jangka panjang dari pencahayaan berlebihan terhadap kesehatan kita.

"Kami tidak tahu pasti, tapi ada bukti yang berkembang bahwa implikasi jangka panjang ni memiliki hubungan yang erat terhadap kanker payudara, obesitas, diabetes, depresi, dan jenis kanker lainnya," kata dia dikutip situs Health Me Up pada Sabtu (21/3/2015)

Menurutnya, seseorang yang sehabis mendapatkan paparan cahaya alami dari alam lalu mendapatkan paparan cahaya berlebihan di malam hari, terlebih ketika waktu tidur tiba, membuat siklus tidur jadi terganggu, dan juga mengganggu proses bangun tubuh secara alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.