Sukses

Bill Gates Prediksi Wabah Penyakit Bisa Lebih Buruk dari Ebola

Miliarder Bill Gates ungkapkan prediksi munculnya wabah yang lebih bahaya dari Ebola sehingga diperlukan usaha bersama untuk mencegahnya.

Liputan6.com, New York- Penyebaran virus Ebola di Afrika Barat telah membunuh lebih dari sepuluh ribu orang di tahun 2014. Miliarder sekaligus pendiri Bill and Melinda Gates Foundation Bill Gates mengingatkan, wabah penyakit selanjutnya bisa lebih buruk dibanding Ebola terutama bila kita tidak berinvestasi mencegah penyebaran penyakit secara lebih baik.

Penyakit Ebola hanya bisa disebarkan lewat kontak fisik orang yang telah memiliki gejala, sementara penyakit lain bisa yang terinfeksi lewat udara.

"Meski kini kita memiliki sistem yang sempurna untuk atas Ebola, namun bisa tidak berhasil bila mengandung penyakit yang lebih menular," tulis Gates dalam jurnal The New England Journal of Medical.

Melihat kondisi seperti itu, Gates menyarankan perlu dibuat sebuah investasi secara global dalam sistem kesehatan dan pengawasan, sumber daya manusia, dan alat-alat kesehatan.

"Saya percaya kita dapat menyelesaikan masalah ini bersama, sama seperti kita menyelesaikan aneka masalah bersama-sama di dunia ini dengan kecerdasan dan inovasi," terang Gates dalam kolom New York Times seperti dilansir dari Business Insider, Jumat (20/3/2015).

PBB harus memberdayakan dan danai institusi global untuk mengkoordinasi dari peringatan dan sistem respon, penyakit, dan penelitian lebih lanjut tentang obat-obatan, vaksin, dan tes diagnostik seperti diungkapkan Gates.

 

Baca Juga:

Kasus Ebola Kembali Melonjak di Guinea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini