Sukses

4 Cara Atasi Sakit Punggung

Lakukan hal-hal berikut saat sakit punggung menghampiri Anda.

Liputan6.com, Jakarta Anda kerap mengeluh karena punggung sering terasa sakit? Memang, hal tersebut sungguh tidak membuat Anda nyaman. Selain itu, pernah dengarkah Anda mengenai terlalu banyak duduk bisa meningkatkan risiko kematian? Hal tersebut benar karena kurang bergerak dan [sakit punggung](2188592 "").

Cukup menyeramkan bukan akibat dari munculnya sakit punggung tersebut? Cobalah lima hal yang dilansir dari laman Reader's Digest, Jumat (20/3/2015), untuk meringankan ketidaknyamanan Anda tersebut:

1. Berilah Es

Es bekerja cepat dalam mereda sakit punggung. Kompres punggung dengan menggunakan es yang dibungkus handuk beberapa kali dalam sehari. Letakkan kompres daerah yang sakit selama sekitar 20 menit. Setelah sekitar 48 jam, gunakan salep atau minyak panas demi merangsang aliran darah sehingga mengurangi rasa sakit punggung. (auf)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atasi Sakit Punggung

2. Pijat

Beberapa gerakan pijat sederhana pada punggung. Mungin menggunakan bantuan seperti gulungan kaus kaki dapat lebih membantu. Jangan lupa gunakan juga krim agar aliran darah lebih lancar.

3. Benarkan Postur Tubuh

Carilah posisi tubuh yang setidaknya mengurangi rasa punggung Anda. Gerakkan bagian panggul ke arah depan, lalu kembalikan, ulangi gerakan tersebut. Berdiri tegak tau carilah posisi yang terasa lebih nyaman, tetapi konsentrasikan pada bagian dekat pinggang, dada, leher, juga bahu.

4. Periksa Beban di Belakang Badan

Jika Anda terbiasa berjalan dengan dompet yang disematkan di saku pinggul atau membawa ransel yang berat, coba kurangi tindakan tersebut. Hal tersebut bisa mengganggu keselarasan bagian tubuh Anda, juga memicu munculnya sakit punggung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.