Sukses

Anak SD Jalankan Program 21 Hari Sikat Gigi

Selama 21 hari di 255 SD binaan, 110 dokter gigi yang tergabung dalam Persatuan Dokter Gigi Indonesia akan mengajari cara sikat gigi

Liputan6.com, Bogor Selama 21 hari di 255 sekolah dasar (SD) binaan, 110 dokter gigi yang tergabung dalam Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) akan mengajari bagaimana cara menyikat gigi yang benar sekaligus membiasakan agar sejak dini anak-anak sudah mulai menyikat gigi.

Kegiatan yang dijalankan untuk memeringati Hari Kesehatan Gigi Sedunia yang jatuh pada 20 Maret ini akan didukung oleh para guru yang bertugas sebagai kader kesehatan gigi. Anak-anak juga akan diajari kapan saat yang tepat menyikat gigi dan diberitahu kenapa menyikat gigi harus dilakukan secara rutin.

Pengurus Besar PDGI yang digandeng Pepsodent sebagai penyelenggara acara ini akan terus melakukan evaluasi di beberapa cabang PDGI dan sekolah. "Program ini pun mengingatkan kita betapa pentingnya rongga mulut dan kesehatan rongga mulut," kata Ketua Pengurus PB PDGI, drg. Farichah Hanum, MKes di Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/3/2015).

Dengan mengusung tema `Smile for Life` Unilever bersama PDGI mencanangkan gerakan 21 hari sikat gigi di sekolah dasar negeri (SDN) Babakan Madang 01, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tema `Smile for Life`, kata Hanum mengingatkan kita semua untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut demi manfaat jangka panjang.

"Bila dilakukan terus menerus, turut memengaruhi kualitas hidup saat ini dan masa depan," kata dia menambahkan. Menurut Hanum, senyum menyiratkan kepercayaan diri dan perasaan bahagia. Senyum dengan sendirinya akan membuat otak memerintahkan agar tubuh tetap menjaga stabilitas dan kesehatan secara mandiri.

Kesadaran rendah
Kesadaran memeriksakan gigi di kalangan anak-anak SD terutama di Bogor masih rendah. Menurut perwakilan Dinas Kesehatan Kota Bogor, Dr Trisna baru 7.724 dari 117.820 yang mau memeriksakan giginya. "Syukurlah, sekarang yang telah diperika sudah mencapai 49.110 siswa. Ini artinya, tingkat kesadaran akan kesehatan gigi masih sangat rendah," kata Trisna.

Dengan mengajarkan caa menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini, anak-anak juga diajari menyiapkan diri demi masa depan yang cerah.

President of FDI World Dental Federation, Dr Tin Chung Wong berharap, program sikat gigi 21 hari ini dapat menjadi langkah awal membebaskan anak-anak di seluruh Indonesia dari karies gigi, supaya mereka senantiasa mendapatkan senyum cemerlang di dalam kehidupannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.