Sukses

Ingatan Pria Lebih Buruk Ketimbang Wanita?

Satu lagi penelitian yang mengungkap fakta ilmiah dibalik ingatan pria dan wanita.

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi penelitian yang mengungkap fakta ilmiah dibalik ingatan pria dan wanita. Ternyata, ingatan pria tak lebih baik dari wanita. Tidak hanya itu, otak pria juga menyusut lebih cepat dibanding wanita di usia 40 tahun keatas.

Dalam sebuah studi yang melibatkan 1.246 orang antara usia 30 dan 95 tahun ini, Dr Clifford Jack dari Mayo Clinic menyampaikan penemuan yang menunjukkan ingatan mulai menurun pada kedua jenis kelamin pada usia 30. Namun penurunan fungsi memori laki-laki jauh lebih besar terutama setelah usia 40.

"Pada laki-laki, hippocampus, bagian dari otak yang mengontrol memori, juga lebih kecil dibandingkan perempuan, terutama setelah usia 60," kata Jack, seperti dimuat CNN, Jumat (20/3/2015).

Kendati demikian, kata Jack, hal ini tidak mengherankan sebab otak Anda memang dapat menyusut seiring penurunan memori. Tapi tahukan Anda, secara keseluruhan otak pria sebenarnya lebih besar dari perempuan.

"Memang benar, otak wanita lebih kecil dari otak laki-laki, namun ukuran otak juga biasanya sesuai dengan tinggi badan Anda. Jadi saya bisa bilang kalau hippocampus perempuan dan memori verbal mereka lebih baik daripada laki-laki," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini