Sukses

4 Cara Gampang Cegah Penyakit Batu Ginjal

Simak 4 cara gampang cegah penyakit batu ginjal

Liputan6.com, Jakarta Batu ginjal merupakan masalah kesehatan serius yang seyogyanya dapat mengancam jiwa. Penyakit yang dalam istilah medis disebut nephrolithiasis atau urolithiasis ini umumnya diderita oleh sekitar 12 persen laki-laki dan 5 persen perempuan pada usia 70-an tahun.

Direktur Endourology dan batu ginjal dari University of Maryland Baltimore Washington Medical Center, Dr. Julio Davalos memberikan 4 cara mudah untuk mengatasi penyakit ini, seperti:

1. Tetap terhidrasi

Menurut Davalos, penyebab terbesar dari batu ginjal adalah dehidrasi. Mineral makanan yang kita konsumsi seperti kalsium, oxylate, fosfat atau asam urat, akan mengkristal ketika tidak ada cukup cairan dalam tubuh untuk mencairkannya.

"Perhatikan warna urin yang gelap karena itu merupakan tanda dehidrasi," kata Davalos, seperti dikutip Foxnews, Jumat (20/3/2015).

2. Mengurangi garam

Coba hitung konsumsi harian garam Anda. Apakah telah sesuai dengan yang direkomendasikan? Faktanya, kebanyakan orang rata-rata mengonsumsi garam hingga 5.000 mg per hari. Padahal batas konsumsi gula, garam, dan lemak yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI (Kemkes) per orang per hari yaitu 50 gram (4 sendok makan) gula, 2000 miligram natrium/sodium atau 5 gram garam (1 sendok teh), dan untuk lemak hanya 67 gram (5 sendok makan minyak).

3. Kalsium

Davalos mengatakan salah satu mitos terbesar tentang batu ginjal adalah bahwa terlalu banyak susu, seperti susu, keju dan es krim. Padahal meskipun sebagian besar batu ginjal diakibatkan karena kalsium, tapi menurut rekomendasi dari National Institutes of Health, orang dewasa yang sehat juga perlu mengonsumsi kalsium. Kalsium yang direkomendasikan, 1.000 sampai 1.300 mg kalsium per hari. Namun, jika Anda memiliki riwayat batu ginjal, dokter mungkin merekomendasikan asupan kalsium yang lebih rendah dari sekitar 800 mg.

4. Protein

Mengonsumsi protein hewani seperti daging merah, unggas dan telur juga dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh, yang telah terbukti dapat menyebabkan batu ginjal. Makanan ini juga mengurangi tingkat sitrat, zat kimia dalam urin yang dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah kondisi ketika di dalam ginjal terbentuk material keras menyerupai batu.

    Batu Ginjal