Sukses

Daftar Makanan yang Pas Dikonsumsi Sebelum Tidur

Tahukah Anda, kalau sejumlah makanan yang dikonsumsi sebelum tidur justru dapat membuat suasana hati Anda membaik.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang takut makan malam karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan, masalah pertumbuhan bahkan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Tapi tahukah Anda, kalau sejumlah makanan yang dikonsumsi sebelum tidur justru dapat membuat suasana hati Anda membaik.

Seperti disampaikan Konsultan diet,  Lindsey Joe, RD bahwa kandungan triptofan pada makanan justru membantu mood dan kualitas tidur Anda lebih baik. Triptofan sendiri, kata dia, adalah asam amino yang dapat ditemukan pada makanan seperti roti, biskuit, pasta, atau nasi yang dikombinasikan dengan protein, seperti kalkun, telur, atau susu rendah lemak.

"Makanan yang mengandung karbohidrat membantu makanan kaya triptofan bisa diserap oleh otak," kata Lindsey, seperti dimuat laman Everydayhealth, Rabu (18/3/2015).

Selain itu, Lindsey menganjurkan untuk mengonsumsi buah ceri yang merupakan salah satu sumber alami beberapa melatonin yang dapat melawan insomnia. Kemudian makanan tinggi magnesium, seperti sayuran hijau gelap dan alpukat.

"Menjaga asupan kafein hingga 200 sampai 300 mg per hari dan menghindarinya sebelum waktu tidur. Dan juga hindari cokelat, minuman energi, minuman ringan, dan teh menjelang tidur," jelasnya.

Konsultan diet lain, Lisa Moskovitz, RD menambahkan untuk menghindari makanan penuh lemak di malam hari. "Makanan tinggi lemak seperti keripik, gorengan, atau es krim sebaiknya dihindari sebelum tidur. Ini karena lemak membutuhkan waktu yang lama saat tubuh tidak cukup istirahat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini