Sukses

Manfaat ASI Tak Hanya Saat Bayi

Peneliti mengklaim bahwa pemberian ASI mampu meningkatkan kecerdasan si anak setidaknya sampai dia berusia 30 tahun.

Liputan6.com, London Anak yang diberi air susu ibu (ASI) selama dua tahun akan memiliki IQ lebih tinggi dan kecerdasan bakal meningkat sampai setidaknya usia 30 tahun.

Sebuah penelitian yang melibatkan 3.500 bayi baru lahir selama 30 tahun, membuktikan manfaat dan keuntungan ASI  seumur hidup.

Baca juga : Gara-gara Pompa ASI di Tempat Kerja, Ibu Baru Dipecat

"Pemberian ASI berkepanjangan tidak hanya meningkatkan kecerdasaan anak sampai usia 30 tahun, tapi dampaknya baik bagi pencapaian pendidikannya. Anak pun akan lebih produktif," kata penulis utama dari Federal University of Pelotas di Brasil, Dr Bernardo Lessa Horta.

Seperti dikutip dari situs Daily Mail, Rabu (18/3/2015), anak yang diberi ASI selama setahun, di masa remajanya memiliki kecerdasan dan kemampuan mencari uang meski usia belum menginjak 30 tahun. Baca juga : Kandungan Nutrisi yang Terkandung dalam ASI

"Efek menguntungkan ASI muncul akibat rantai panjang asam lemak jenus dalam ASI yang penting bagi perkembangan otak," kata Horta menambahkan.

Professional Policy Advisor di Royal College of Midwives, Janet Fyle mengatakan, penelitian ini sangat menarik, karena ASI ternyata bermanfaat sampai usia dewasa. Dia berharap perempuan Inggris akhirnya rela memberi air susu untuk anak-anaknya.

Saat ini satu dari empat perempuan di Inggris enggan menyusui buah hatinya. Sementara jumlah ibu-ibu yang senang memberi ASI sangat sedikit.

Baca juga : Bakteri di ASI Bantu Bayi Cerna Makanan Padat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini