Sukses

Anak-anak Zaman Sekarang Berisiko Kecanduan Garam

Menu makanan di restoran ternyata mengandung kadar garam berlebih. Bahkan menu anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah lembaga surveri mewanti-wanti, anak-anak generasi sekarang ada dalam risiko mengembangkan kecanduan garam. Ini diakibatkan oleh kadar garam dalam menu restoran yang kelewat tinggi.

Dilansir dari laman mirror.co.uk, Selasa (17/3/2015), Consensus Action on Salt and Health menemukan 28% menu makanan anak-anak mengandung garam sebanyak 2 gram atau lebih satu porsinya. Sedangkan, untuk satu hari, anak-anak balita direkomendasikan mengonsumsi garam tidak lebih dari dua gram.

Lembaga inilah yang memperkirakan akan lahir "generasi pecandu garam". Prediksi ini ada setelah munculnya hasil survei terhadap 218 menu anak-anak dari 23 restoran. Dari Burger King, menu anak-anak Kid's Veggie Bean Burger dengan kentang goreng porsi kecil, terkandung 4,6 gram garam per porsinya. Jumlah ini sekitar 155% dari jumlah asupan maksimum garam untuk anak-anak usia 4 sampai 6 tahun.

Laporan dari Soil Association memperkirakan 40% dari orangtua makan di luar dengan anak-anaknya setidaknya satu kali seminggu. Ditambah lagi, survei dari National Diet and Nutrition Survey pada tahun 2003 melaporkan anak-anak usia 4 sampai 18 tahun mengonsumsi garam lebih dari seharusnya.

Sementara, hanya lima dari 23 restoran partisipan survei yang mengambil tindakan atas penggunaan garam berlebihan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini