Sukses

11 Tips Supaya Terhindar dari Insomnia

Bagaimana cara agar terhindar dari insomnia? Berikut 11 tips yang harus Anda ikuti.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah cara dianjurkan untuk dilakukan oleh siapa saja agar terhindar dari insomnia. Mengingat bahwa tidur adalah pekerjaan paling mudah, tak seharusnya Anda atau siapa saja mengalami insomnia.

Baca juga : Ampuhkah Yoga Atasi Insomnia?

Selain menelan obat dan melakukan terapi akupresur, ada 10 tips dan ajuran yang dapat dilakukan agar Anda terhindar dari insomnia atau sulit tidur seperti terdapat di dalam buku milik Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar, Sulawesi Selatan, ditulis Health-Liputan6.com pada Jumat (13/3/2015)

1. Olahraga secara rutin
2. Supaya terhindar dari insomnia, hindarilah mengonsumsi makanan dan minuman dalam porsi yang banyak menjelang tidur
3. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman
4. Kurangi mengonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat Anda terjaga, seperti; kopi, alkohol, dan rokok.

Baca juga : Sulit Tidur Karena Pikiran Cemas, Lakukan Ini Saja


5. Makanlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, dan tambahkan segelas susu hangat. Dijamin, Anda akan terhindar dari insomnia
6. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau satu jam sebelum tidur.
7. Terpenting, untuk mencegah terjadinya insomnia, hentikan menonton televisi, membaca buku, dan membuka gadget satu jam sebelum tidur.
8. Gunakanlah tempat tidur Anda khusus untuk tidur
9. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin
10. Jernihkan pikiran Anda
11. Poin penting supaya terhindar dari insomnia adalah tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang sama dan teratur setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.