Sukses

5 Bahaya Kelebihan Gula bagi Kulit

Pemakaian gula berlebihan juga tak baik bagi kulit Anda

Liputan6.com, Jakarta - Pemakaian gula berlebihan tidak hanya membuat kita dihadapkan dengan risiko penyakit kardiovaskular. Namun, lebih dari itu, gula berlebihan yang dikonsumsi sehari-hari juga tak baik untuk kesehatan kulit kita.

Caranya, ketika asupan gula masuk ke dalam tubuh dan dipecah oleh tubuh menjadi glukosa, maka kadar insulin mengalami peningkatan. Ketika insulin naik, dapat terjadinya peradangan di dalam tubuh.

Baca juga : Banyak Makan Gula Bikin Anda Bodoh

Berikut cara gula merusak kulit Anda seperti dikutip Health Me Up pada Jumat (13/3/2015)

1. Peradangan

Gula sangat asam di dalam, dan kenaikan insulin yang disebabkan karbohidrat sederhana seperti gula dan roti putih dapat menyebabkan peradangan. Peradangan menyebabkan tumbuhnya jerawat. Jadi, hindarilah gula halus dan gula tambahan seperti sirup jagung berfruktosa tinggi, dan sirup agave.

Baca juga : Gula Membunuh Anda dengan Diam-diam, Waspadalah

2. Keriput

Sifat inflamasi yang dimiliki gula tidak hanya berisiko tumbuhnya jerawat, tapi juga mengakibatkan terjadinya keriput. Menurut sejumlah penelitian, gula menyerang kolagen yang sehat di kulit. Di sel, gula akan mengonsumsi kolagen yang sehat ini yang membuat kulit terlihat kusam dan dehidrasi.

3. Gula darah yang tidak seimbang

Dalam bentuk apa pun, gula akan mengubah kadar gula darah di dalam tubuh. Bila Anda mengonsumsi makanan manis, gula darah pun akan cepat meningkat. Bila terjadi terus menerus, gula darah pun jadi tidak seimbang.

4. Penuaan

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan manis dan diet tinggi gula menciptakan radikal bebas di dalam tubuh yang menyebabkan penuaan.

5. Dehidrasi

Gula akan menghisap air dari sel-sel Anda, sehingga Anda merasa kering, bengkak, dan terbentuknya lingkaran di sekitar mata.

Baca juga : 7 Alasan Mengejutkan untuk Katakan Tidak Pada Gula

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.