Sukses

Identifikasi Jenazah Bisa Lewat Tulang Saat Mayat Sudah Rusak

Meski kondisi tubuh tak lagi bisa dikenali identifikasi DNA masih memberikan harapan bisa mengidentifikasi jenazah tersebut lewat sampel tul

Liputan6.com, Jakarta
Kecelakaan massal yang terjadi di laut memang menyebabkan kondisi tubuh cepat busuk karena terendam air. Meski kondisi tubuh tak lagi bisa dikenali identifikasi DNA masih memberikan harapan bisa mengidentifikasi jenazah tersebut lewat sampel tulang.
 
Menurut peneliti dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, dr. Helena Suryadi tes DNA lewat sampel tulang masih bisa dilakukan. 
 
"Tulang itu kompak dan sel-selnya terlindungi. Meski berbulan-bulan di dalam air masih juga tulang. Berbeda dengan daging yang terendam dalam air makin lama akan hancur sehingga tidak bisa lagi diteliti DNA-nya," ungkap dr. Helena dalam acara Lokakarya DNA Forensik untuk Jurnalis yang digagas Lembaga Biologi 
Molekuler Eijkman pada Kamis (12/3/2015).
 
Namun, dr.Helena tak meampik bahwa untuk bisa mengidentifikasi tulang yang telah bertahun-tahun di dalam air mengalir itu sulit. "Hal yang terpenting adalah dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada saat isolasi DNA. Itu sangat krusial," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini