Sukses

Alat Canggih Ini Ubah Teks Jadi Suara, Cocok untuk Tunanetra

Sebuah teknologi terbaru yang disebut MIT FingerReader dikembangkan kembali bagi mereka yang tidak bisa melihat.

Liputan6.com, Jakarta Pernah mendengar huruf Braille kan? Sistem tulisan sentuh yang biasanya digunakan oleh tunanetra ini untuk membantu mereka membaca. Kali ini sebuah teknologi terbaru yang disebut MIT FingerReader dikembangkan kembali bagi mereka yang tidak bisa melihat.

Seperti diberitakan Newser, Rabu (11/3/2015) peneliti di MIT Media Laboratory ternyata telah memiliki prototipe perangkat membaca bagi tunanetra. Jadi, perangkat ini dilengkapi kamera yang berfungsi mengkonversi teks langsung menjadi suara (audio). Hebatnya, sistem ini menghasilkan audio secara real time.

"Ini adalah terjemahan yang memiliki umpan balik yang cepat. Real time, begitu disentuh oleh jari, maka suara yang dihasilkan keluar," kata seorang penulis, Roy Shilkrot.

Menurut Shilkrot, perangkat ini diciptakan merujuk pada sebuah studi yang dilakukan oleh Royal National Institute of Blind di Inggris yang mencatat pada tahun 2011 bahwa hanya tujuh persen buku dengan huruf braille dan audio lengkap untuk tunaner. Rencananya, perangkat ini akan dipresentasikan dalam Konferensi Untuk Mesin Komputer (Association for Computing Machinery's Computer-Human Interface conference) bulan depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini