Sukses

Bersihkan Sela-Sela Gigi Jangan Pakai Tusuk Gigi

Kebiasaan menggunakan tusuk gigi setelah makan ternyata bisa mengganggu kesehatan mulut.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan menggunakan tusuk gigi setelah makan ternyata bisa mengganggu kesehatan mulut. Daripada tusuk gigi, cara aman membersihkan gigi yang benar adalah menggunakan benang gigi.

Begitu disampaikan dokter gigi dari HHDC Clinic, drg. Irayani Queencyputri saat diwawancarai Liputan6.com di Thamrin City, Jakarta, ditulis Selasa (10/3/2015).

"Kebiasaan menggunakan tusuk gigi dari bambu itu dapat membuat rongga gigi lama-lama longgar. Jika ingin membersihkan sela-sela gigi baiknya menggunakan benang gigi," katanya.

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin ini menambahkan, selain risiko gigi tertekan atau tertusuk, penggunaan benang gigi yang tipis lebih efektif membersihkan kotoran gigi.

"Penggunaan tusuk gigi mungkin bisa digunakan untuk membuang sisa makanan di geraham. Tapi jangan gunakan tusuk gigi di sela-gigi, selebihnya gunakan benang gigi. Perhatikan cara yang menggunakan benang gigi, bukan ditarik ke atas tapi ditarik keluar. Sekedar saran, gunakan benang gigi yang bertuliskan Wax atau yang memiliki lapisan kuat agar sisa makanan dapat terangkat semua," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.