Sukses

Syarat Penting Bila Ingin Punya Hewan Peliharaan

Yakin benar-benar menyayangi hewan peliharaan Anda? Apakah termasuk sudah yakin memikirkan kehidupan jangka panjang bersamanya?

Liputan6.com, Jakarta Yakin benar-benar menyayangi hewan peliharaan Anda? Apakah termasuk sudah yakin memikirkan kehidupan jangka panjang bersamanya?
 
Pencinta hewan sekaligus salah satu pendiri Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Karin Franken menyatakan ada beberapa hal yang harus dipikirkan sebelum memiliki hewan peliharaan. 
 
Pertama, komitmen memelihara seumur hidup."Harus memiliki komitmen untuk mau menjaganya tak cuma saat ia muda tapi hingga tua dan sakit," terang Karin.
 
Jangan sampai gara-gara anjing atau kucing sudah tua tak lagi menggemaskan ditelantarkan begitu saja. Beberapa kali pengalaman JAAN menyelamatkan nyawa anjing karena ditinggal pergi oleh pemiliknya.
 
Kedua, komitmen untuk memberikan pelatihan perilaku pada anjing. "Layaknya anak, anjing pun perlu dilatih bagaimana berperilaku jika kita ingin perilakunya baik," ujar Karin.
 
Menurut Karin, jika sudah dilakukan latihan perilaku anjing tak akan lagi menggonggong terus tanpa batas. Sehingga dampak jangka panjangnya adalah pemilik dan anjing sama-sama happy.
 
Namun seringkali didapatkan ketika anjing mulai nakal dan menggonggong, banyak pemilik yang malah meletakannya dalam kandang. "Jika memang begitu, buat apa punya anjing, mending tidak usah punya anjing karena ia malah menderita terus menerus di dalam kandang atau diikat," tegas Karin.
 
Perempuan berdarah Belanda yang sudah jadi WNI ini pun menegaskan bahwa memiliki hewan peliharaan bukan tanpa banyak usaha, melainkan banyak sekali yang harus dilakukan demi pemilik dan anjing yang bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini