Sukses

Asap Ganja Berisiko Sebabkan Alergi

Ganja isap sama halnya seperti tanaman serbuk sari bantalan lainnya yang merupakan alergen dan dapat menyebabkan terjadinya alergi

Liputan6.com, Jakarta Biang kerok terjadinya alergi bukan lagi berasal dari makanan laut. Sekarang, paparan asap ganja isap pun dapat menyebabkan reaksi alergi pada sejumlah orang. Menurut penelitian, ganja isap sama halnya seperti tanaman serbuk sari bantalan lainnya yang merupakan alergen dan dapat menyebabkan terjadinya alergi.

Thad Ocampo dari Wilford Hall Ambulatory Surgical Center, San Antonio, Texas, mengatakan kalau paparan asap ganja isap dapat mengakibatkan gejala rhintis alergi atau hay fever.

Dikutip dari situs Health Me Up, Sabtu (7/3/2015) para peneliti pun mengutip laporan dari sejumlah kasus mengenai reaksi alergi, hipersensitivitas, dan bahkan alergi yang sangat parah (anafilaksis) untuk ganja dalam berbagai bentuknya.

Para peneliti juga menyebut kalau alergi dan asma dapat dipicu oleh paparan musiman yang berasal dari asap ganja isap. Sayang, status hukum untuk ganja ini dapat menciptakan hambatan untuk pelaporan pasien yang lebih akurat dan jelas.

Studi untuk asap ganja isap yang dapat menyebabkan alergi ini telah dipublikasikan ke dalam Annals of Allergy, Asthma and Immunology.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini