Sukses

Usai Buang Air Kecil, Perhatikan Warna Urine

Semakin gelap warna urine, semakin berat tingkat dehidrasinya.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara termudah untuk menentukan status hidrasi tubuh bisa dilihat dengan melihat warna urine. Semakin berat tingkat dehidrasi, semakin gelap warna urine yang dikeluarkan.

"Idealnya urine harus terlihat bening atau berwarna kuning muda," seperti tertulis dalam buku Pedoman Kebutuhan Cairan Bagi Pekerja Agar Tetap Sehat dan Produktif ditulis Sabtu (7/3/2015).

Ketika, warna urine gelap, Anda diminta untuk menambah asupan air putih yang masuk ke tubuh. "Namun, status hidrasi berdasarkan warna urine tidak berlaku pada saat urine usai bangun tidur ya," terang salah satu penulis buku ini, dr. Maya Setyawati, MKK, SpOk ditulis Sabtu (7/3/2015).

Warna gelap pada urine saat pagi hari disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama berjam-jam saat tidur. Oleh karena itu segera penuhi cairan yang hilang dengan satu hingga dua gelas air minum saat bangun tidur. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.