Sukses

Studi: Gen Ayah Cenderung Lebih Dominan dalam Tubuh Seseorang

Ayah lebih banyak menurunkan gen dibandingkan ibu.

Liputan6.com, London Coba Anda lihat fisik Anda, lebih mirip ayah atau ibu? Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa pada seorang anak gen dari ayah lebih dominan daripada yang diwariskan ibu.

Menurut penelitian ini, semua mamalia cenderung menggunakan sebagian besar materi genetik yang diturunkan dari laki-laki. Hal ini pun terjadi meski anak secara fisik dan tindakan lebih mirip dengan ibu. Hal ini ditunjukkan dalam penelitian pada tikus di laboratorium University of North Carolina’s School of Medicine.

Ini menunjukkan bahwa meski mewarisi DNA dari ayah dan ibu, namun garis ayah lebih banyak ditemukan yang berfungsi untuk mengatur perkembangan seseorang terutama dalam hal kesehatan mereka

"Ini adalah penemuan yang luar biasa sehingga bisa membantu eksplorasi dalam genetika manusia," terang penulis studi Fernando Pardo-Manuel de Villena seperti dilansir laman Independent, Jumat (6/3/2015).

Hasil penelitian ini membantu ilmuwan tentang bagaiman penyakti dan kondisi kesehatan diturunkan dari gen ayah. Studi ini diharapkan mampu menjelaskan bagaimana mutasi penyakit kompleks muncul dalam tubuh seseorang seperti penyakit diabetes, jantung, skizofrenia, dan obesitas.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini