Sukses

Jauhkan Cemilan Kala Nonton Film Sedih

Film sedih membuat seseorang mengonsumsi cemilan lebih banyak dibandingkan jenis film lain sehingga bisa membuat gemuk.

Liputan6.com, London Bagi Anda yang gemar menonton film sedih sebaiknya menghindari cemilan karena tanpa disadari bisa membuat gemuk. Penelitian menunjukkan seseorang yang menonton film sedih ternyata mengonsumsi cemilan lebih banyak dibandingkan film-film bahagia atau komedi. 
 
Banyaknya makanan yang dikonsumsi diperkirakan sebagai bentuk penghiburan akan rasa sedih yang dirasakan sehingga penonton merasa lebih baik.
 
Studi ini dilakukan oleh peneliti asal Amerika Serikat terhadap satu kelompok pekerja kantoran. Partisipan diminta menonton film-film sedih dan bahagia disertai cemilan popcorn.
 
"Setelah film berakhir dan air mata telah diseka, ditemukan bahwa partisipan yang menonton film sedih makan lebih banyak popcorn 36 persen dibandingkan menonton film sedih," terang peneliti asal Cornell University, Brian Wansink.
 
Pada saat lain, partisipan diminta untuk menonton film sedih dan bahagia yang berbeda. Ternyata, penonton film sedih makan popcorn lebih banyak 55 persen dibandingkan film bahagia.
 
"Menonton film sedih bisa menghasilkan keinginan untuk lebih banyak makan untuk mengimbangi kesedihan yang ditimbulkan," tulis peneliti dalam jurnal JAMA Internal Medicine seperti dilansir laman Daily Mail, Kamis (5/3/22015).
 
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyatakan bahwa mereka yang memiliki berat badan berlebih untuk membatasi asupan makanan saat menonton film sedih. Bisa juga mengganti cemilan dengan makanan sehat seperti potongan buah. Dengan cara ini, menonton film sedih tidak akan membuat seseorang jadi lebih gemuk. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini