Sukses

Bercinta di Usia Senja Bikin Otak Makin Encer?

Tak hanya ungkapan kasih sayang, tetap bercinta di usia senja membuat kemampuan ingatan baik.

Liputan6.com, New York Tetap menjalani kehidupan seksual bersama pasangan di usia senja ternyata tak hanya membuat rasa bahagia dan nyaman tapi juga tingkatkan kemampuan kognitif menurut sebuah studi dalam jurnal American Journal of Geriatric Psychiatry.

Menurut studi ini, baik pria dan wanita lansia yang merasa puas dengan kehiduapn seksual dan masih merasakan bahwa bercinta merupakan hal penting mendapatkan nilai yang lebih baik dalam tes fungsi kognitif dibandingkan yang merasa seks di usia senja tak penting.

Sebanyak 1.747 pria dan wanita berusia lebih dari 71 tahun di Belanda terlibat dalam penelitian ini. Dari hasil penelitan terlihat partisipan yang menyatakan bahwa hubungan seksual tidak penting dan tak lagi menyenangkan memiliki skor rata-rata kognitif lebih rendah dibandingkan yang merasa puas dengan aktivitas seksualnya.

Penilaian fungsi kognitif ini berdasarkan tes ingatan, kecepatan memproses ingatan, fungsi kecerdasan dan kognitif secara umum, serta kemampuan berpikir secara abstrak.

Dari hasil penelitian ini, meski hasil ini terjadi baik pada pria dan perempuan namun terlihat bahwa keterkaitan antara kepuasan bercinta dan kemampuan kognitif yang lebih baik berada pada perempuan seperti dilansir Wall Street Journal, Kamis (5/3/2015). Namun, tidak disebutkan apa yang menyebabkan aktivitas bercinta dengan kemampuan kognitif yang lebih baik. 

Baca Juga:

Rutin Bercinta Kunci Kebahagiaan Lansia?

Jangan Salah, Usia Makin Tua Hasrat Seks Bakal Meningkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini