Sukses

5 Jenis Makanan Penyegar dan Penyehat Gigi

makanan merupakan alat yang dapat digunakan dokter gigi dalam membantu mengembangkan kebiasaan makan yang sehat. Sebab, diet kaya nutrisi ma

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda memasukan sejumlah makanan sehat ke dalam tubuh, bukan hanya berat badan ideal yang akan didapat, melainkan juga gigi dan gusi Anda akan tampak sehat dan segar.

Dentist and Reserach Trainee, Indian Council of Medical Research (ICMR), Dr. Kanchan Sawlani, menjelaskan, piramida makanan merupakan alat yang dapat digunakan dokter gigi dalam membantu mengembangkan kebiasaan makan yang sehat. Sebab, diet kaya nutrisi mampu menyegarkan gusi dan gigi.

Berikut daftar makanannya beserta fungsinya seperti dikutip Times of India pada Kamis (5/3/2015)

1. Makanan pelindung

Makanan kaya akan fosfat seperti kacang, lektin, kakao, paneer adalah komponen makanan yang mampu menghambat terjadinya karies gigi (gigi keropos). Maka itu disebut sebagai protective foods.

2. Roti, biji-bijian, dan kacang-kacangan

Jangan memasukkan makanan yang berasal dari biji-bijian olahan seperi mie, pasta, biskuit, dan produk roti lainnya, karena merupakan penyebab utama yang berkontribusi terhadap pembentukan asam di dalam rongga mulut.

3. Buah-buahan dan sayuran

Serat juga penting bagi kesehatan gigi. Saat Anda mengunyah buah-buahan, terjadi peningkatan air liur untuk melindungi rongga-rongga. Sayuran berdaun hijau kaya vitamin A dan protein yang menjaga gigi dan tulang dalam kondisi baik.

4. Produk susu

Minumlah susu rendah lemak setiap hari sebagai pencegahan terganggunya tingkat kolesterol darah.

5. Daging, ikan, unggas, dan telur

Daging kaya protein, zat besi, zink, dan vitamin B12. WHO menyarankan orang dewasa harus makan 2-3 porsi daging setiap hari. Bagi vegetarian, gantilah daging dengan tahu, kacang-kacangan, lentil, dan sayuran berprotein tinggi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini