Sukses

Ini Dia Cara Efektif Turunkan Bobot Tubuh

Paduan pengurangan asupan kalori dan olahraga aerobik ringan merupakan cara sehat turunkan berat badan,

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih dan ingin menurunkan berat badan, sudah tepatkah cara untuk menguranginya? Pengaturan asupan kalori yang masuk ke tubuh dan olahraga ringan secara teratur dapat mengurangi berat badan secara efektif.

"Dengan mengatur asupan makanan lewat pengurangan 500 kalori per hari selama satu minggu Anda bisa mengurangi berat badan 0.5 kilogram selama seminggu. Sehingga diharapkan setiap bulan berat badan yang berkurang tidak lebih dari dua kilogram. Itu yang sehat ya," papar Kasubdit Bina Kapasitas Kerja, Direktorat Bina Kesehatan Kerja & Olahraga, Kementerian Kesehatan RI, dr. Imran Agus Nurali, SpKO ditemui di Hotel Le Meridien, Jakarta ditulis Kamis (5/3/2015).

Lalu, iringi pengaturan asupan makanan dengan berolahraga aerobik ringan hingga sedang seperti jalan, jalan cepat, sepeda santai atau berenang seminggu tiga kali sehingga membantu tubuh membakar kalori.

Konsisten juga kurangi asupan kalori dan olahraga aerobik ringan, berat badan bisa turun secara perlahan bukan instan. "Jadi menurunkan berat badan itu jangan instan, misalnya 10 kilo per bulan itu jangan. Penurunan berat badan yang berlebih bisa membuat ginjal dan liver rusak," tandas dokter Imran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini