Sukses

Tak Disarankan Joging Siang Hari Pakai Jaket Tebal

Turunkan berat badan dengan joging siang hari mengenakan jaket tebal malah berpotensi buat tubuh kekurangan cairan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi yang ingin memiliki berat badan ideal, berbagai cara ditempuh untuk mencapainya, salah satunya dengan joging siang hari terik mengenakan jaket tebal. Namun, ini bukan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan.

"Itu sebenarnya cara menurunkan berat badan yang keliru. Sebab yang keluar adalah keringat sehingga kadar air yang berkurang bukan lemak," papar Kasubdit Bina Kapasitas Kerja, Direktorat Bina Kesehatan Kerja & Olahraga, Kementerian Kesehatan RI, dr. Imran Agus Nurali, SpKO.

Tak cuma itu, kurangnya cairan dalam tubuh pasca berolahraga dengan cara ini malah membuat tubuh jadi lemas, konsentrasi terganggu bahkan berpotensi memberatkan kerja ginjal seperti yang dituturkan dr. Imran usai acara peluncuran buku 'Pedoman Kebutuhan Cairan bagi Pekerja' di Hotel Le Meridien, Jakarta ditulis Kamis (5/3/2015).

Oleh karena itu bila ingin menurukan berat badan, cara terbaik bukan dengan cara instan. "Cukup dengan olahraga di pagi atau sore hari dan jangan lupa minum air di sela-sela olahraga," tambah dokter Imran.

Olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan yakni memilih olahraga aerobik dengan frekuensi tiga-empat kali per minggu. Aerobik yang dipilih pun jenis ringan hingga sedang yakni seperti jalan, jalan cepat, sepeda santai, berenang.

"Untuk menurunkan berat badan dibutuhkan olahraga aerobik dengan intensitas sedang hingga ringan dalam waktu 60 hingga 120 menit yang berfungsi untuk menghancurkan lemak," jelasnya.

Waktu jangka panjang tersebut juga tidak dilakukan sepanjang waktu tersebut, namun bisa dipotong-poton misalnya 15 menit jeda lalu 15 menit lagi jeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.