Sukses

Ini Dia Manfaat Ludah dalam Mulut Kita

Air liur dalam mulut melindungi gigi dari pengikisan oleh asam yang dihasilkan bakteri mulut

Liputan6.com, Jakarta Air liur mengandung mineral, kalsium, dan fluor yang berfungsi melindungi gigi agar tetap keras. Jika air liur berkurang, asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut dapat mengikis gigi dan membuat gigi jadi berlubang.

"Kandungan mineral pada air liur itu berasal dari makanan yang kita santap. Misalnya saja ikan laut seperti teri, dan susu merupakan contoh makanan yang mengandung kalsium dan sangat baik bagi kesehatan gigi dan mulut," kata Ahli Konservasi Gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG-UI), Dr. Ratna Meidyawati, drg. SpKG(K), ditulis Rabu (4/3/2015).

Ratna menyebutkan bahwa air liur di dalam mulut mampu melindungi gigi dari risiko gigi berlubang. Karena itu disarankan agar mulai saat ini jangan terlalu sering meludah. Selain tidak etis, meludah pun merugikan diri sendiri.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kuman yang menumpuk di dalam plak akan menghasilkan asam yang akan melunakkan gigi dan membuat gigi yang keras jadi berlubang. "Ada peran saliva yang mencegah terhadap karies, karena mengandung kalsium dan fluor," kata dia menambahkan.

Maka itu, dia menganjurkan untuk tidak sembarangan meludah, karena merugikan diri sendiri dan lingkungan sekitar. "Sayang banget kalau ludah yang kualitasnya bagus dibuang-buang begitu saja," kata dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini