Sukses

Kabar Gembira bagi Penggemar Perman Karet

Mengunyah permen karet apalagi yang tanpa gula (sugar free), mampu meningkatkan kualitas air liur di dalam mulut.

Liputan6.com, Jakarta Tokoh utama dalam film 'Lupus' yang digambarkan doyan mengunyah permen karet mampu menciptakan tren tersendiri di kalangan anak muda era 1990-an.

Terlepas dari gayanya yang dianggap tengil, kebiasaan Lupus mengunyah permen karet yang tak dapat dilepaskannya itu mendatangkan manfaat yang besar bagi kesehatan gigi dan mulut, lho!

Ahli Konservasi Gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG-UI), Dr. Ratna Meidyawati, drg. SpKG(K), menjelaskan bahwa mengunyah permen karet apalagi yang tanpa gula (sugar free), mampu meningkatkan kualitas air liur di dalam mulut.

"Selain itu, gerakan mengunyah permen karet dapat melindungi saliva (air liur) dan kesehatan mulut kita," kata Ratna ditulis Rabu (4/3/2014)

Air liur, jelas Ratna, memiliki peran besar bagi mulut dan gigi kita, yaitu mencegah penyakit mulut menular atau tidak menular. Apalagi bila kualitas air liur itu bagus.

"Sebab, kalau kualitas salivanya buruk, berisiko besar terkena karies gigi," kata dia menekankan.

Air liur mengandung mineral, kalsium, dan fluor yang berfungsi melindungi kekerasan gigi. Jika air liur berkurang, asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut dapat mengikis gigi dan membuat gigi jadi berlubang.

"Kandungan mineral pada air liur itu berasal dari makanan yang kita santap. Misalnya saja ikan laut seperti teri, dan susu merupakan contoh makanan yang mengandung kalsium dan sangat baik bagi kesehatan gigi dan mulut," kata Ratna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

  • Permen Karet

Video Terkini