Sukses

Perhatikan 6 Langkah Ini Bila Tak Ingin Stres di Tempat Kerja

Bila Anda tak ingin stres di tempat kerja, Anda dapat mencoba sejumlah langkah sederhana di bawah ini

Liputan6.com, Jakarta Satu studi yang dilakukan di Australia pada 2011 menegaskan bahwa seorang karyawan yang berada di tempat kerja yang tidak nyaman, akan memperburuk kesehatan mentalnya. Bahkan, kondisinya dapat lebih buruk ketimbang mereka yang tidak memiliki pekerjaan sama sekali.

Dalam beberapa kasus, stres berlebihan akibat sejumlah alasan baik monotonnya pekerjaan atau kurangnya apresiasi atasan terhadap karyawannya, dapat mengganggu sarafnya.

Untuk menghindari kondisi ini, Psikiater dan Direktur di Pusat Kesehatan Tulasi, India, Dr. Gorav Gupta pun memberikan beberapa saran, seperti dikutip Health Me Up pada Rabu (4/3/2015)

1. Menjaga gaya hidup sehat dengan rutin melakukan aktivitas fisik, diet yang sehat, dan tidur yang cukup. Selain itu, hindarilah merokok.

2. Prioritaskan tugas-tugas Anda, membuat jadwal yang seimbang, dan tidak terlalu sering terlibat dalam masalah kantor yang seharusnya tidak Anda alami.

3. Sering-seringlah melakukan kompromi

4. Bila suasana kerja tak ramah, ciptakanlah lingkungan yang ramah sesuai versi Anda sendiri. Bila ada masalah, berkomunikasilah dengan rekan Anda dan selesaikan dengan kepala dingin.

5. Jadilah sosok yang murah hati dengan memberikan pujian dan mengucapkan apa saja hal-hal baik kepada karyawan lainnya.

6. Jika merasa stres, segera cari bantuan psikolog.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini