Sukses

Inovasi Pipa uPVC Lebih Aman bagi Kesehatan

Lebih baik, gunakan pipa yang terbuat dari uPVC dibanding PVC. Mengapa?

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang tak peduli dengan bahan dasar dari satu material yang dibelinya. Salah satunya saat membeli pipa air PVC. Di pasaran saat ini sejatinya ada dua jenis bahan dasar pipa, uPVC dan PVC. PVC atau Polivinil Klorida berguna sebagai bahan antitekan dan stabilizer.

Polimer termoplastik urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian di dunia ini sebenarnya kerap ditemui pada mainan anak-anak, khususnya mainan plastik dengan kelenturan yang cukup tinggi.

Bahaya PVC akan semakin kentara bila ditambah plasticizer pada bahan ini yang berguna untuk melenturkan pipa. Libby McDonald, M.D., M.P.H, seorang master di bidang kesehatan publik mengungkapkan dalam bukunya yang bertajuk `The Toxic Sandbox` bahwa salah satunya bahaya yang mengintai adalah munculnya gangguan hormon, termasuk estrogen dan tiroid.

Berbeda dengan uPVC atau Unplasticized Poly Vynil Chloride yang merupakan bahan yang sama sekali tidak mengandung plasticizer sehingga lebih aman digunakan, terlebih bagi instalasi air yang langsung dikonsumsi oleh manusia. Air tidak mudah terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya.

Menurut Product Specifier POWER Pipe & Fitting, Septian, saat Peluncuran Produk Pipa, Fitting, dan Talang POWER, Selasa (3/3/2015) di Jakarta, dahulu masyarakat menggunakan plasticizer untuk melenturkan pipa karena belum ada fitting atau penyambung antarpipa.

"Pipa POWER hadir dengan berbagai varian jenis dan ukuran baik pipa, fitting, juga talang sehingga sudah tidak memerlukan kandungan plasticizer dan timbal. Makanya, pipa POWER terbuat dari uPVC atau unplasticized yang tidak menggunakan plasticizer sehingga lebih aman," terangnya kembali.

Keterangan Foto : Empat narasumber sedang berpose dalam Peluncuran Pipa, Fitting, dan Talang Power, Jakarta pada hari Selasa (3/3/2015). Foto oleh Jazaul Aufa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini