Sukses

Luar Biasanya Manfaat Ludah

Air liur di dalam mulut disebut mampu melindungi gigi dari risiko gigi berlubang. Jadi, mulai saat ini janganlah terlalu sering meludah.

Liputan6.com, Jakarta Air liur di dalam mulut disebut mampu melindungi gigi dari risiko gigi berlubang. Jadi, mulai saat ini janganlah terlalu sering meludah. Ingat, selain tidak etis, meludah pun merugikan.

"Di dalam air liur terkandung mineral, kalsium, dan fluor yang berfungsi melindungi kekerasan gigi. Jika air liur berkurang, asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut dapat mengikis gigi," kata Dr. Ratna Meidyawati, drg. SpKG(K).

Penjelasan ini disampaikan Ahli Konservasi Gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG-UI)Dalam acara memperkenalkan sikat gigi Pepsodent Deep Clean di Hotel Intercontinental, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2015).

Lebih lanjut dia menjelaskan, kuman yang menumpuk di dalam plak akan menghasilkan asam yang akan melunakkan gigi dan membuat gigi yang keras itu berlubang. "Ada peran saliva yang mencegah terhadap karies, karena mengandung kalsium dan fluor," kata dia menambahkan.

Maka itu, dia menganjurkan untuk tidak sembarangan dalam meludah, karena merugikan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

"Sayang banget kalau ludah yang kualitasnya bagus dibuang-buang begitu saja," kata dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini